Dukuhwaru, 26 November 2020. Hari ini adalah hari keempat SMAN 1 Dukuhwaru melaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) melalui E-Learning. Akibat pandemi yang belum selesai maka kegiatan tersebut pun digelar dalam jaringan (daring). Seluruh soal dimasukan kedalam E-Learning, soal-soal yang di berikan oleh masing-masing guru mata pelajaran berupa soal pilihan ganda dengan jumlah soal 40 untuk mata pelajaran IPS dan 30 soal untuk mata pelajaran IPA. Penilaian Akhir Semester di SMAN 1 Dukuhwaru berlangsung mulai tanggal 23 November – 1 Desember 2020.
Kegiatan PAS daring ini bukan kali pertama dilakukan oleh SMAN 1 Dukuhwaru. Sebelumnya SMAN 1 Dukuhwaru pernah menyelenggarakan kegiatan serupa pada Penilaian Akhir Tahun (PAT) tahun pelajaran 2019/2020. Sudah dilakukan uji coba terlebih dahulu sebelum kegiatan PAT daring dilaksanakan akibat dari pandemic Covid-19.
Siswa mendapatkan soal yang sama dengan nomor yang acak. Hal itu untuk menghindari terjadinya kecurangan diantara setiap siswa. Tidak jauh berbeda dengan PAS secara tatap muka, PAS secara online juga dilakukan terjadwal. yang disampaikan oleh wali kelas kepada anak didiknya masing-masing. Setiap guru mata pelajaran melakukan pemantauan setiap hari untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan. Apabila menemui kesulitan, siswa dapat menghubungi guru mata pelajaran yang ditugaskan memantau jalannya PAS pada hari itu melalui nomor Whatsapp yang tercantum dalam E-Learning.
Untuk menghindari kendala seperti jaringan error, siswa yang kehabisan kuota, ataupun siswa yang harus bergantian Smartphone dengan orang tuanya, pihak sekolah memberikan kelonggaran waktu dalam pengerjaan PAS Daring. Siswa dapat mengerjakan PAS dari pukul 07:00 WIB – sebelum pukul 07:00 WIB di hari berikutnya. Selain itu, wali kelas juga memastikan anak didiknya sudah mendapatkan bantuan Kuota Internet secara merata, sehingga menghindari siswa yang tidak dapat mengikuti PAS karena terkendala Kuota Internet.
Sejak hari pertama dilaksanakannya PAS terpantau lancar. Selanjutnya setelah PAS berakhir, siswa diberi waktu untuk memperbaiki nilai yang belum tuntas secara daring hingga batas waktu yang di tentukan sebelum pembagian Raport Hasil Belajar Semester 1. Kegiatan PAS secara daring sama halnya dengan kegiatan PAS tatap muka. Penilaian yang dilakukan sesuai dengan standar-standar penilaian yang ada. Oleh sebab itu, para siswa dituntut serius dalam mengerjakan PAS tersebut sesuai dengan materi pelajaran yang disampaikan oleh bapak ibu guru pada Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui E-Learning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *