Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Dalam proses pembelajaran guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Di dalam kurikulum ini terdapat projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasila. Dimana dikembangkan berdasarkan tema tertentu yang ditetapkan oleh pemerintah. Projek ini tidak bertujuan untuk mencapai target capaian pembelajaran tertentu, sehingga tidak terikat pada konten mata pelajaran

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Profil pelajar Pancasila merupakan gambaran pelajar Indonesia yang merupakan pelajar sepanjang hayat yanag kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai dengan nilai- nilai Pancasila. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila. Berdasarkan Permendikbudristek No. 56/M/2022, Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kmetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak. Pada tahun ajaran 2022/2023 mulai berlaku Kurikulum Merdeka yang juga menerapkan P5.
Pelaksanaan P5 di SMA Negeri 1 Dukuhwaru menggunakan sistem blok yaitu 1 minggu penuh sesuai dengan alokasi waktu yang telah direncanakan. Perhitungan waktu pelaksanaan P5 dalam 1 tahun 486 jam pelajaran atau 30% dari alokasi total jam pelajaran. Terdapat 3 Projek dalam 1 tahun, sehingga tiap projek memiliki alokasi waktu 162 JP.
Dalam satu tahun memilih tiga tema yang harus di projekan, 3 projek tersebut yaitu:

  • Proyek 1 dengan tema bangunlah jiwa dan raganya
  • Proyek 2 dengan tema gaya hidup berkelanjutan
  • Proyek 3 dengan tema kearifan lokal

Dukuhwaru, 21 Juli 2022

Guna mensukseskan program Merdeka Belajar, perlu memahami konsep Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5). P5 ini merupakan bagian dari struktur Kurikulum Merdeka selain pembelajaran intrakurikuler. P5 merupakan pembelajaran yang
memberikan pengalaman langsung kepada siswa sesuai dengan karakteristik lingkungan sekitar agar siswa memiliki kepekaan sosial dan berkompetensi global. Tujuan yang hendak dicapai pada P5 ini adalah mencetak generasi penerus bangsa berperilaku yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan
sehari-hari.

SMAN 1 Dukuhwaru membentuk tim Proyek P5 dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, sebagai penghubung pemahaman P5 kepada seluruh Civitas Akademika sebagai langkah awal persiapan menuju pelaksanaan P5 yang pertama.

Tim Proyek SMAN 1 Dukuhwaru melaksanakan sosialisasi tentang proyek pertama yang akan dilaksanakan pada hari senin, 8 Agustus 2022. Tema yang diambil pada proyek pertama ini adalah “Bangunlah Jiwa dan Raganya”
berkaitan dengan pelaksanaan Program 5S (Senyum Sapa Salam Sopan dan Santun)

Sasaran pada kegiatan sosialisasi ini adalah siswa kelas X
yang merupakan sasaran utama dari Medeka Belajar ini. Materi yang disampaikan berkaitan dengan pengenalan 5S dilingkungan sekolah secara umum, serta pengenalan P5 sebagai penerapan Kurikulum Medeka pada siswa Kelas X.

 

Pada tanggal 8 Agustus 2022, SMA Negeri 1 Dukuhwaru melaksanakan kegiatan P5 dimulai dengan menerapkan budaya 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). Dari kegiatan tersebut siswa langsung pelaksanaan action membuat poster dan video tentang budaya 5S yang dilaksanakan di sekolah. 

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam penerapan Kurikulum Merdeka, SMAN 1 Dukuhwaru selenggarakan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) kedua yang dilaksanakan pada 31 Oktober-8 November 2022 dengan tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan judul “CILIDUK (Cinta Lingkungan SMAN 1 Dukuhwaru)” yang akan diterapkan dan dibiasakan bagi seluruh siswa dan warga SMAN 1 Dukuhwaru.

Project Gaya Hidup berkelanjutan tercermin pada produk, perilaku, dan aktivitas dari warga sekolah untuk memenuhi kebutuhan tanpa mengurangi dan mengubah akses sumber daya yang ada di lingkungan SMAN 1 Dukuhwaru. Target capaiannya dimulai dari langkah sederhana dari tingkatan yang paling kecil yakni diri sendiri, lingkungan sekolah dan lingkungan tempat tinggal. Salah satunya adalah dengan memilah sampah dan mengolahnya untuk berbagai kebutuhan manusia dengan program 3R (Reduce, Reuse, Recycle).

Terdapat beberapa target pencapaian dalam proyek kedua ini yaitu yang pertama Melukis Tempat sampah, yang mana tujuan akhir dari kegiatan ini adalah siswa dapat memilah sampah berdasarkan jenisnya seperti sampah organik dan anorganik. Target capaian yang kedua adalah pembuatan biopori dengan maksud agar siswa paham bagaimana cara mengelola sampah organik dilingkungan agar dapat memberikan kebermanfaatan yang dapat dijadikan kompos. Target capaian yang terakhir adalah Membuat taman kelas, dengan maksud agar siswa dapat memelihara dengan baik dan memperhatikan lingkungan kelasnya.

Kegiatan P5 Ciliduk ini diakhiri dengan pelaksanaan Ikrar yang dideklarasikan pada Selasa, 8 November 2022 dilapangan upacara SMAN 1 Dukuhwaru. Deklarasi ini bertujuan untuk menanamkan rasa tanggung jawab atas apa yang telah dipelajari siswa SMAN 1 Dukuhwaru agar menjadi pembiasaan tanggung jawab ini dideklarasikan dan ditanda tangani oleh seluruh siswa dan guru SMAN 1 Dukuhwaru untuk terus dilaksanakan walaupun proyek P5 sudah selesai.

Selengkapnya tentang panen karya proyek P5 pertama SMAN 1 Dukuhwaru klik link di bawah ini :

Panen Karya Projek P5

Dokumentasi Project P5 Ke-1 SMAN 1 Dukuhwaru